Manajemen Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan (PAKEM) Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MIN Simpang IV Upah Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang

Fadhli, Fadhli (2011) Manajemen Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan (PAKEM) Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MIN Simpang IV Upah Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang. Masters thesis, Pascasarjana IAIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (25kB) | Preview

Abstract

Pokok permasalahan pada penelitian ini berfokus pada manajemen Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) dalam meningkatkan mutu pendidikan di MIN Simpang IV Upah Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang yang berkaitan dengan perencanaan pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran di madrasah. Temuan penelitian ini ada tiga, yaitu: 1. Perencanaan yang dilakukan guru ketika akan melakukan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) antara lain menyusun program tahunan, program semester, menyusun silabus, dan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Pembuatan program tahunan dan program semester menggunakan analisis alokasi waktu yang ditetapkan dan hasil pemetaan kompetensi dasar per unit. Program tahunan dan program semester tersebut meliputi menghitung hari dan jam efektif selama kurun waktu tertentu, menjelaskan kegiatan guru dan siswa, mencatat mata pelajaran yang akan diajarkan dan menyusun alokasi waktu yang tersedia selama kurun waktu tertentu. Dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) guru menganalisis materi yang akan diajarkan untuk menentukan metode dan sarana belajar sehingga perencanaan pelaksanaan pembelajaran mengacu pada Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM). 2. Pelaksanaan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) di MIN Simpang IV Upah Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang, terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Metode penyampaian mengacu pada penggunaan multi metode artinya dalam Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) tidak hanya menggunakan satu metode tetapi bervariasi antara satu metode dengan metode yang lain. Dengan menggunakan multi metode ini diharapkan siswa dapat termotivasi untuk lebih aktif dan kreatif dalam belajar. 3. Evaluasi yang dilakukan dalam Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) di MIN Simpang IV Upah Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang dilakukan dalam 2 bentuk, yaitu evaluasi dalam proses dan evaluasi pada hasil. Yakni ketika siswa melakukan kolaborasi dalam kelompok, caranya dengan mengamati keaktifan siswa dalam kelompoknya, sedangkan penilaian hasil dilakukan dengan melakukan pengamatan dan observasi terhadap kelompok yang melakukan presentasi di depan kelas dan nilai hasil belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Thesis Master
Depositing User: Mrs Hildayati Raudhah
Date Deposited: 05 Feb 2016 05:52
Last Modified: 05 Feb 2016 05:52
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/150

Actions (login required)

View Item View Item