Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Dan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Di Kelas X SMK Al-Fattah Medan

Batubara, Nur Azizah (2021) Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Dan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Di Kelas X SMK Al-Fattah Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI NUR AZIZAH WORD.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Dan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Di Kelas X SMK Al-Fattah Medan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMK Al-Fattah Medan, Tahun Ajaran 2020-2021 yang berjumlah 60 siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA) kemudian dilanjutkan dengan Uji Tukey. Hasil temuan ini menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan antara kemampuan berpikir kritis matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif dan model pembelajaran Inkuiri, dengan Qhit (7,995) > Qtabel (2,89); 2) Terdapat perbedaan antara kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif dan model pembelajaran Inkuiri, dengan Qhit (7,881) > Qtabel (2,89); 4) Terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran yang digunakan terhadap kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematika siswa dengan Fhit (47,10) > Ftabel (4,17) dengan taraf (0,05). Simpulan penelitian ini menjelaskan bahwa kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa lebih sesuai diajarkan dengan model pembelajaran Kooperatif daripada model Pembelajaran Inkuiri.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 11 Aug 2022 08:36
Last Modified: 11 Aug 2022 08:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14989

Actions (login required)

View Item View Item