Perbedaan Kemampuan Komunikasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Pendekatan Problem Posing Tipe Post Solution Posing dan Realistic Mathematics Education Pada Materi Transformasi Geometri Kelas XI SMA Negeri 1 Pangkatan

Puadi, Akhyar (2021) Perbedaan Kemampuan Komunikasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Pendekatan Problem Posing Tipe Post Solution Posing dan Realistic Mathematics Education Pada Materi Transformasi Geometri Kelas XI SMA Negeri 1 Pangkatan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI AKHYAR PUADI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran problem posing tipe post solution posing dan realistic mathematics education dengan materi pokok transformasi geometri kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pangkatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya terdiri dari seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pangkatan, dengan sampel siswa kelas XI IPA 1 dengan jumlah siswa 35 dan XI IPA 2 dengan jumlah siswa 35. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument kedua kemampuan yang diteliti. Analisis data dilakukan dengan analisis varians dua jalur (ANAVA). Hasil temuan menunjukkan bahwa adanya perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan pendekatan problem posing tipe post solution posing dan realistic mathematics education dengan Fhitung=4,226 dan Ftabel=3,98 pada taraf (α=0,05). Adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis yang diajar dengan pendekatan problem posing tipe post solution posing dan realistic mathematics education dengan Fhitung=7,646 dan Ftabel=3,98 pada taraf (α=0,05).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 11 Aug 2022 08:31
Last Modified: 11 Aug 2022 08:31
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14985

Actions (login required)

View Item View Item