Pratiwi, Ria (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Assyafiiyyah T.A 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Text
skripsi word RIA PRATIWI OK.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di RA Assyafiiyyah, 2) Penggunaan model pembelajaran make a match terhadap perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di RA Assyafiiyyah, 3) Pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran make a match terhadap perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di RA Assyafiiyyah. Penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif (Quasi Eksperimen Design), menggunakan 2 kelas yaitu eksperimen dan kontrol. Jumlah populasi kelompok B yaitu 38 anak. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan total sampling yaitu mengambil seluruh populasi menjadi sampel. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi, teknik analisis data, menggunakan uji normalitas, homogenitas dan hipotesis. Hasil penelitiannya yaitu: 1) Perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di RA Assyafiiyyah dibuktikan melalui observasi sebelum menggunakan model pembelajaran make a match pada kelas eksperimen diperoleh dengan nilai rata- rata 7,26 dengan nilai terendah 5, dan nilai tertinggi 9, modusnya 8, dan mediannya 8. Kemudian menggunakan model kelompok diperoleh dengan nilai rata-rata 8,11 dengan nilai terendah 5 dan nilai tertinggi 12, modusnya 8, mediannya 8, dan simpangan baku 1,761. 2) Penggunaan model pembelajaran make a match terhadap perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di RA Assyafiiyyah, diperoleh dengan nilai rata-rata 17,53 dengan nilai terendah 15 dan nilai tertinggi 20, modusnya 18 dan mediannya 18. Jadi, perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di RA Assyafiiyyah menggunakan model pembelajaran make a match sudah berkembang secara optimal, 3)Terdapat pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun Di RA Assyafiiyyah = 0,05 didapat ttabel pada diperoleh nilai thitung = 24.8969 dengan taraf dt 17 diperoleh nilai ttabel = 2,10982. Karena thitung>ttabel maka H0 : ditolak, Ha : diterima
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perkembangan sosial; make a match; paud |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mr Muhammad Aditya |
Date Deposited: | 11 Aug 2022 07:57 |
Last Modified: | 11 Aug 2022 07:57 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14978 |
Actions (login required)
View Item |