Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Terintegrasi Potensi Lokal Tumbuhan Karamunting (Rhodomyrtus Tomentosa) Sebagai Bahan Ajar Biologi Kelas X MAS NU Siborong-Borong

Hasibuan, Anni Hafizah (2021) Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Terintegrasi Potensi Lokal Tumbuhan Karamunting (Rhodomyrtus Tomentosa) Sebagai Bahan Ajar Biologi Kelas X MAS NU Siborong-Borong. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SKRIPSI_ANNI HAFIZAH_UINSU_STAMBUK 2017.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dari modul pembelajaran biologi terintegrasi potensi lokal tumbuhan Karamunting (Rhodomyrtus Tomentosa) untuk kegiatan pembelajaran pada materi plantae di kelas X SMA/MA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) berdasarkan metodologi Thiagarajan dengan empat tahapan di antaranya, tahap define, design, devolepment dan disseminate. Penelitian ini di laksanakan dari Juli-September 2021 dengan sampel penelitian 32 peserta didik kelas X MAS NU Siborong-borong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kevalidan penilaian modul oleh ahli materi sebesar 87%, ahli media sebesar 70%, dan uji kepraktisan respon guru biologi (praktisi lapangan) sebesar 92% dan respon siswa sebesar 92,11% . Sedangkan hasil perolehan nilai uji keefektifan modul pembelajaran biologi terintegrasi potensi lokal dengan perolehan nilai sebesar 100% mampu meningkatkan ketuntasan belajar siswa. Sehingga dapat di simpulkan bahwa modul pembelajaran biologi terintegrasi potensi lokal tumbuhan Karamunting (Rhodomyrtus Tomentosa) sebagai bahan ajar biologi kelas X MAS NU Siborong-borong tersebut valid dan efektif digunakan untuk kegiatan pembelajaran.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Modul Pembelajaran Biologi, Potensi Lokal, Karamunting
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 11 Aug 2022 07:42
Last Modified: 11 Aug 2022 07:42
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14976

Actions (login required)

View Item View Item