Hasibuan, Anni Hafizah (2021) Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Terintegrasi Potensi Lokal Tumbuhan Karamunting (Rhodomyrtus Tomentosa) Sebagai Bahan Ajar Biologi Kelas X MAS NU Siborong-Borong. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Text
SKRIPSI_ANNI HAFIZAH_UINSU_STAMBUK 2017.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dari modul pembelajaran biologi terintegrasi potensi lokal tumbuhan Karamunting (Rhodomyrtus Tomentosa) untuk kegiatan pembelajaran pada materi plantae di kelas X SMA/MA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) berdasarkan metodologi Thiagarajan dengan empat tahapan di antaranya, tahap define, design, devolepment dan disseminate. Penelitian ini di laksanakan dari Juli-September 2021 dengan sampel penelitian 32 peserta didik kelas X MAS NU Siborong-borong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kevalidan penilaian modul oleh ahli materi sebesar 87%, ahli media sebesar 70%, dan uji kepraktisan respon guru biologi (praktisi lapangan) sebesar 92% dan respon siswa sebesar 92,11% . Sedangkan hasil perolehan nilai uji keefektifan modul pembelajaran biologi terintegrasi potensi lokal dengan perolehan nilai sebesar 100% mampu meningkatkan ketuntasan belajar siswa. Sehingga dapat di simpulkan bahwa modul pembelajaran biologi terintegrasi potensi lokal tumbuhan Karamunting (Rhodomyrtus Tomentosa) sebagai bahan ajar biologi kelas X MAS NU Siborong-borong tersebut valid dan efektif digunakan untuk kegiatan pembelajaran.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul Pembelajaran Biologi, Potensi Lokal, Karamunting |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mr Muhammad Aditya |
Date Deposited: | 11 Aug 2022 07:42 |
Last Modified: | 11 Aug 2022 07:42 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14976 |
Actions (login required)
View Item |