Pengaruh Strategi Pembelajaran Rotating Trio Exchange Pada Materi Ekosistem Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Di Madrasah Aliyah

Husna, Lailatul (2021) Pengaruh Strategi Pembelajaran Rotating Trio Exchange Pada Materi Ekosistem Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Di Madrasah Aliyah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
LAILATUL HUSNA TADRIS BIOLOGI UINSU-PERPUS.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange pada materi ekosistem terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X di Madrasah Aliyah Kedai Sianam Tahun Ajaran 2021/2022. Desain penelitian yang digunakan untuk penelitian ini berbentuk Nonequivalent Control Group Design. Dalam penelitian ini diketahui terdapat pengaruh strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange terhadap aktivitas belajar yang dibuktikan dengan rata-rata nilai persentase aktivitas belajar siswa dalam kategori baik. Sedangkan dikelas kontrol rata-rata nilai persentase aktivitas belajar siswa dalam kategori cukup baik. Diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 55,95 (pre- test) dan 90,00 (post-test) untuk kelas eksperimen. Dan rata-rata hasil belajar pada kelas kontrol yaitu 53,33 (pre-test) dan 84,76 (post-test). Untuk hasil uji-t diperoleh bahwa thitung 3,20 sedangkan ttabel 2,09. Hal ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dari itu dapat dibuktikan bahwa strategi Rotating Trio Exchange berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X di Madrasah Aliyah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh strategi Rotating Trio Exchange, Aktivitas, Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 11 Aug 2022 07:06
Last Modified: 11 Aug 2022 07:06
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14972

Actions (login required)

View Item View Item