Pengaruh Metode Diskusi Berbantuan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Daur Hidup Hewan Kelas V MIN 5 Labuhanbatu Utara T.A 2020/2021

Siregar, Karti Maulita (2020) Pengaruh Metode Diskusi Berbantuan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Daur Hidup Hewan Kelas V MIN 5 Labuhanbatu Utara T.A 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
KARTI MAULITA SIREGAR NIM. 0306161002.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Hasil belajar IPA dengan menggunakan metode konvensional di kelas V MIN 5 Labuhanbatu Utara. 2) Hasil belajar IPA dengan menggunakana Metode Diskusi Berbantuan Media Puzzle di kelas V MIN 5 Labuhanbatu Utara. 3) Apakah terdapat pengaruh Metode Diskusi Berbantuan Media Puzzle terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V MIN 5 Labuhanbatu Utara. Metodelogi penelitian ini menggunakan desain Quasy Eksperiment (Eksperimen Semu). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa/i kelas V MIN 5 Labuhanbatu Utara, dan sample yang dipilih dalam penelitian ini adalah kelas VA (kelas eksperiment dengan Metode Diskusi Berbantuan Media Puzzle) dan VB (kelas kontrol dengan metode konvensional). Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa yang menggunakan Metode Diskusi Berbantuan Media Puzzle (VA) lebih tinggi dari hasil belajar IPA siswa yang menggunakan metode konvensional (VB). Hasil belajar IPA di kelas eksperiment dengan Metode Diskusi Berbantuan Media Puzzle diperoleh rata-rata post-test yaitu 71,88, sedangkan kelas kontrol dengan metode konvensional diperoleh rata-rata post-test yaitu 51,56. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis pada kelas eksperiment (VA) dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,250 > 2,042 dengan taraf signifikan 0,05 atau 5% yang menyatakan diterimanya Ha dan ditolaknya Ho. Maka dapat disimpulkan bahwa Metode Diskusi berbantuan Media Puzzle berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V MIN 5 Labuhanbatu Utara T.A 2020/2021.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 11 Aug 2022 04:21
Last Modified: 11 Aug 2022 04:21
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14941

Actions (login required)

View Item View Item