Upaya Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Mengatasi Siswa Malas Belajar Melalui Layanan Penguasaan Konten Di MTs Negeri Tanjungbalai

Afriyanti, Afriyanti (2021) Upaya Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Mengatasi Siswa Malas Belajar Melalui Layanan Penguasaan Konten Di MTs Negeri Tanjungbalai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SKRIPSI AFRIYANTI-converted (2)-dikonversi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Upaya guru BK dalam mengatasi siswa malas belajar melalui layanan penguasaan konten, yang dimaksud layanan penguasaan konten adalah layanan yang diberikan kepada peserta didik agar mereka dapat melakukan sesuatu dengan terampil. Setiap peserta didik yang malas belajar perlu diberikan layanan khusus agar memperoleh hasil yang baik sesuai dengan keinginan dan tujuan. Dalam hal ini bimbingan konseling memiliki peran penting yang dapat mengatasi masalah malas belajar ataupun masalah lain yang terjadi pada peserta didik. Penelitian ini yang pertama bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan layanan penguasaan konten. Yang kedua untuk mengatahui faktor penyebab siswa malas belajar, dan untuk mengetahui bagaimana upaya guru bimbingan konseling dalam mengatasi siswa malas belajar tersebut melalui penguasaan konten di MTS Negeri Tanjungbalai. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa. Pertama, pelaksanaan layanan penguasaan konten dapat mengarahkan siswa dalam mengatasi siswa malas belajar, serta dapat membantu siswa dalam meningkatkan kreativitas siswa, keterampilan belajar dan pemahaman siswa dalam peningnya akan belajar. Kedua, faktor penyebab siswa malas belajar adalah internal (dari dalam) dan faktor eksternal (dari luar) yaitu keluarga, lingkungan, dan sekolah. Dan, upaya guru BK dalam mengatasi siswa malas belajar yaitu dengan melakukan pendekatan terhadap siswa, menyiapkan konten yang akan dipelajari secara rinci, memotivasi siswa, dan mengarahkan mereka dalam pergaulan yang positif agar tidak mudah terpengaruh kearah-arah yang menyebabkan siswa tidak mau belajar.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan konseling, malas belajar, dan penguasaan konten
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 11 Aug 2022 02:54
Last Modified: 11 Aug 2022 02:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14922

Actions (login required)

View Item View Item