Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kepatuhan Siswa Melaksanakan Tata Tertib Di SMP Terpadu Al Bukhari Muslim Medan

Hidayat, Azmar (2019) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kepatuhan Siswa Melaksanakan Tata Tertib Di SMP Terpadu Al Bukhari Muslim Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SKRIPSI AZMAR HIDAYAT.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kepatuhan melaksanakan tata tertib sekolah merupakan sebuah kewajiban yang harus dilaksanakan siswa. Hal ini dikarenakan melaksanakan tata tertib sangat besar pengaruhnya terhadap hasil serta tujuan dari Pendidikan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih banyak siswa yang tidak patuh pada tata tertib sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan guru Pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kepatuhan siswa melaksanakan tata tertib di SMP Terpadu Al Bukhari Muslim Medan. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Terpadu Al Bukhari Muslim Medan, yang dilaksanakan pada bulan Mei sampai Oktober 2019. Subjek penelitian adalah Guru Pendidikan Agama Islam SMP Terpadu Al Bukhari Muslim. Informan penelitian adalah Kepala Sekolah, Guru BK, Staf, dan beberapa orang siswa di SMP Terpadu Al Bukhari Muslim Medan. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan teknik analisis yaitu reduki data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa uaya yang dilakukan oleh Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kepatuhan siswa melaksanakan tata tertib di SMP Terpadu Al Bukhari Muslim Medan adalah dengan memberitahu siswa tentang tata tertib yang ada di sekolah SMP Terpadu Al Bukhari Muslim, mengingatkan dan menghukum siswa yang melanggar tata tertib di SMP Terpadu Al Bukhari Muslim bekerjasama dengan guru-guru yang ada di sekolah SMP Terpadu Al Bukhari Muslim Medan khususnya guru BK.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru PAI, Kepatuhan Siswa Melaksanakan Tata Tertib
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 11 Aug 2022 02:47
Last Modified: 11 Aug 2022 02:47
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14919

Actions (login required)

View Item View Item