Penerapan Metode Tikrar Dalam Menghafal Al-Qur’an Pada Santri LTQ-PBA Miftahussalam Kecamatan Medan Petisah

Maulizan, Rizki (2021) Penerapan Metode Tikrar Dalam Menghafal Al-Qur’an Pada Santri LTQ-PBA Miftahussalam Kecamatan Medan Petisah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SKRIPSI - RIZKI MAULIZAN - TUGAS AKHIR.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keinginan setiap muslim untuk mampu menghafal Al-Qur’an, namun banyak muslim yang pesimis, merasa tidak mampu, dan tidak mudah menghafal. Akibatnya, keinginan menghafal hilang dan timbulnya rasa malas. Dengan begitu peneliti menemukan suatu bentuk atau cara untuk mengatasi masalah dalam menghafal Al-Qur’an, yakni metode tikrar. Metode tikrar adalah proses dalam melakukan sesuatu dengan cara teratur yang dilakukan berulang-ulang. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode tikrar dalam menghafal Al-Qur’an di Ltq-Pba Miftahussalam Kecamatan Medan Petisah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode tikrar sudah diterapkan baik oleh guru maupun santri, mengenai efektivitasnya sudah baik dan efektif, adapun hal yang mendorong penerapannya adalah kemauan santri dan dukungan dari lembaga, guru pembimbing tahfidz, serta orang tua.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Menghafal Al-Qur’an, Penerapan, dan Metode Tikrar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 10 Aug 2022 03:56
Last Modified: 10 Aug 2022 03:56
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14872

Actions (login required)

View Item View Item