Firmansyah, Zahirah (2021) Pengaruh Strategi Pembelajaran Poster Comment Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas IV SD Negeri 112311 Marbau Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Text
SKRIPSI ZAHIRAH FIRMANSYAH.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran poster comment, dan pembelajaran menggunakan metode diskusi terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri 112311 Marbau. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Experiment (eksperimen semu) berjumlah 40 siswa dan sampel yang digunakan adalah kelas IV-A dan IV-B. Instrumen penelitian berupa tes, yaitu pre-tes dan pos-test sebanyak 10 soal pilihan ganda dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji t. Temuan penelitian ini sebagai berikut: 1) terdapat pengaruh strategi pembelajaran poster comment terhadap hasil belajar mata pelajaran Pkn di kelas IV, dengan strategi pembelajaran poster comment siswa memperoleh rata-rata nilai 83,50. 2) terdapat pengaruh metode diskusi terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV dengan perolehan nilai rata-rata 61,50. Hal ini juga dibuktikan dengan pengujian dimana thitung > ttabel yaitu 0,048 > 0.013 (n=38) dengan taraf signifikan 0,05 atau 5% yang menyatakan terima Ha dan tolak H0. Maka dapat disimpulkan bahwa stategi pembelajaran poster comment berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri 112311 Marbau.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Stategi Pembelajaran Poster Comment, Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mr Muhammad Aditya |
Date Deposited: | 09 Aug 2022 07:48 |
Last Modified: | 09 Aug 2022 07:48 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14838 |
Actions (login required)
View Item |