Siregar, Nur Mayto (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing (BermainPeran) Pelajaran Ips Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDn 101213 Baringin Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan T.P 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
Skripsi Nur Mayto.FIX-dikonversi FIX (1).pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Penerapan Model Role Playing pada mata pelajaran IPS , 2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis Penelitian ini adalah Quasi Eksperiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 101213 Baringin. Penelitian ini dilakukan di dua kelas yaitu kelas V-A sebagai kelas ekspermen (dengan menggunakan model Role Playing), sedangkan kelas V-B sebagai kelas control (dengan pembelajaran konvensional). Data yang dianalisis pada penelitian ini adalah hasil belajar IPS yang dikumpulkan melalui tes Mulltiple Choice (Pilihan Ganda). Temuan penelitian ini, yaitu: 1) Penggunaan model Role Playing pada proses pembelajaran IPS dengan cara siswa bermain peran yang telah ditentukan oleh guru topik/masalahnya. Pada penerapan model pembelajaran Role Playing, siswa bekerja sama untuk memainkan perannya masing-masing, dan setelahnya masing-masing kelompok memperesentasikan kesimpulan. 2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 101213 Baringin pada kelas V-A (Eksperimen) memperoleh nilai rata-rata post-test 85, dan hasil belajar siswa pada kelas V-B (Kontrol) memperoleh nilai rata-rata post-test 77,6. Berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,283>2,131 n=15) dengan taraf signifikan 0,05. Yang dinyatakan Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dari itu, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan Model Role Playing terhadap hasil belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 101213 Baringin.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Role Playing, Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 09 Aug 2022 06:09 |
Last Modified: | 09 Aug 2022 06:09 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14827 |
Actions (login required)
View Item |