Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Karakter Toleransi Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PKn di Kelas IV MIS ‘AISYIYAH Bandar Khalipah

Anggraini, Dwi Wahyu (2021) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Karakter Toleransi Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PKn di Kelas IV MIS ‘AISYIYAH Bandar Khalipah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Skripsi Dwi Wahyu Anggraini .pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model Problem Based Learning terhadap karakter toleransi peserta didik kelas IV MIS ‘AISYIYAH Bandar Khalipah. Penelitian ini merupakan penelitian jenis Kuantitatif, dengan desain penelitian Quasi Eksperiment (Eksperimen Semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV MIS ‘AISYIYAH Bandar Khalipah. Sedangkan sampelnya adalah kelas IV A (sebagai kelas eksperimen dengan model Problem Based Leaening) dan kelas IV C (sebagai kelas Kontrol dengan model Konvensional atau ceramah). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis dengan uji t Independent Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya karakter toleransi peserta didik dengan menggunkan model Problem Based Learning jauh lebih berpengaruh disbanding dengan karakter toleransi peserta didik dengan model Konvensional atau ceramah. Pada kelas eksperimen nilai rata-rata peserta didik setelah mendapat perlakuan adalah 52.00 sedangkan kelas kontrol 45.30. berdasarkan pada pengujian hipotesis pada kelas eksperimen dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai taraf signifikan (2 tailed) < 0,005 yaitu 0,001. Yang mana artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwasannya model Problem Based Lerning terhadap karakter toleransi peserta didik kelas IV MIS ‘AISYIYAH Bandar Khalipah berpengaruh.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Karakter Toleransi Peserta Peserta Didik, Mata Pelajaran PKn
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 09 Aug 2022 02:30
Last Modified: 09 Aug 2022 02:30
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14796

Actions (login required)

View Item View Item