Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV MIS Alwashliyah Bagan Dalam Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara Tahun Ajaran 2019/2020

Aziz, Syilvia (2020) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV MIS Alwashliyah Bagan Dalam Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
asli SKRIPSI SYILVIA AZIZ FULL (0306161005)-dikonversi (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian: (1) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Gaya sebelum menggunakan metode Demonstrasi (2) Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Demonstrasi pada mata pelajaran IPA materi Gaya (3) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa setelah menerapkan metode Demonstrasi pada mata pelajaran IPA materi Gaya. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan tahapan berupa siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIS Alwashliyah Bagan Dalam di semester II sebanyak 30 orang siswa, yang terdiri dari 14 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Kemampuan pemahaman siswa mengenai materi Gaya sebelum menggunakan metode Demonstrasi yaitu siswa yang tuntas berjumlah 12 orang atau dengan persentase 40%. (2) Proses penerapan metode pembelajaran Demonstrasi pada mata pelajaran IPA materi Gaya di kelas IV MIS Alwashliyah Bagan Dalam berjalan dengan baik sesuai dengan RPP yang telah direncanakan. Hal ini dapat dilihat dari kesungguhan belajar siswa dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dan juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. (3) Kemampuan pemahaman siswa mengenai materi Gaya setelah menggunakan metode Demonstrasi yaitu pada siklus I siswa yang tuntas berjumlah 17 orang atau dengan persentase 56,7%. Selanjutnya pada siklus II siswa yang tuntas berjumlah 26 orang atau dengan persentase 86,7%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam memahami materi Gaya pada mata pelajaran IPA telah mencapai tingkat ketuntasan belajar klasikal.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Metode Demonstrasi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 08 Aug 2022 03:08
Last Modified: 08 Aug 2022 03:08
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14731

Actions (login required)

View Item View Item