Pengaruh Pendekatan Saintifik Pada pembelajaran ipa Materi Keseimbangan Ekosistem Kelas V MIN Medan Sunggal,Kota Medan Kec Medan Sunggal T.A. 2018/2019

Sari, Dewi Nurmaya (2019) Pengaruh Pendekatan Saintifik Pada pembelajaran ipa Materi Keseimbangan Ekosistem Kelas V MIN Medan Sunggal,Kota Medan Kec Medan Sunggal T.A. 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
DEWI NURMAYA SARI OK.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan, pengaruh dan hasil pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Di Kelas V MIN Medan Sunggal Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen yang dilakukan di Kelas V MIN Medan Sunggal Peneliti menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas V-A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang, dan kelas V-C sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 23orang. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Pendekatan Saintifik dan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada Kelas V MIN Medan Sunggal menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan Pendekatan Saintifik hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam(IPA). Hal ini dapat dilihat berdasarkan rata-rata dari hasil belajar siswa dengan menggunakan Pendekatan Saintifik adalah 74,88. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional adalah 61,17.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL pembelajaran Saintifik dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 05 Aug 2022 05:13
Last Modified: 05 Aug 2022 05:13
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14688

Actions (login required)

View Item View Item