Harahap, Irawani (2020) Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Terhadap Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Assisted individualization (TAI) di Kelas VII SMP Negeri 15 IT Binjai TP.2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
IRAWANI HARAHAP OK.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan signifikan kemampuan berfikir matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dan Tipe Teams Assisted Individualization (TAI) di kelas VII SMP Negeri 15 IT Binjai Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelititan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 15 IT Binjai TP. 2020/2021 yang terdiri dari dua kelas dan berjumlah 75 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 yang berjumlah 37 orang sebagai kelas eksperimen A, dan siswa kelas VII-2 yang berjumlah 38 orang sebagai kelas eksperimen B. Hasil penelitian membuktikan bahwa siswa yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) memperoleh nilai rata-rata sebesar 72,514. Sedangkan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Tipe Teams Assisted Individualization (TAI) memperoleh nilai rata-rata 65,105. Pada uji hipotesis dengan menggunakan uji-t dengan taraf nyata α = 0,05 diperoleh harga t − hitung = 3,069 dan t−tabel = 2,027, dengan demikian diperoleh harga t-hitung > t- tabel atau 3,069 > 2,027 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Simpulan penelitian ini menjelaskan bahwa kemampuan berfikir siswa yang diuji lewat tes kelas VII SMP Negeri 15 IT Binjai pada materi Perbandingan yang diajarkan dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dan model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization (TAI)berbeda secara nyata.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Dan Tipe Teams Assisted Individualization (TAI) |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 05 Aug 2022 03:29 |
Last Modified: | 05 Aug 2022 03:29 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14670 |
Actions (login required)
View Item |