Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining (SFE) dan Tipe Artikulasi Terhadap Kemampuan Penalaran dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Materi Transformasi Geometri Kelas XI SMA Swasta Nurul Islam Indonesia Tahun Pembelajaran 2019-2020

Damayanti, Herma (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining (SFE) dan Tipe Artikulasi Terhadap Kemampuan Penalaran dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Materi Transformasi Geometri Kelas XI SMA Swasta Nurul Islam Indonesia Tahun Pembelajaran 2019-2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
HERMA DAMAYANTI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFE) dan tipe artikulasi terhadap kemampuan penalaran dan kemampuan komunikasi matematis siswa materi transformasi geometri kelas XI SMA Swasta Nurul Islam Indonesia, Medan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Swasta Nurul Islam Indonesia, Medan. Sampel yang digunakan oleh peneliti adalah kelas XIPA-1 dan X MIPA-2 yang masing – masing berjumlah 20 siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA). Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFE) terhadap kemampuan penalaran dan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi transformasi geometri; 2) Tidak terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi terhadap kemampuan penalaran dan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi transformasi geometri; 3) Terdapat pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) terhadap kemampuan penalaran dan kemampuan komunikasi matematis siswa materi transformasi geometri Simpulan penelitian ini menjelaskan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFE) lebih baik diajarkan untuk meningkatkan kemampuan penalaran dan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Koooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining (SFE), Tipe Artikulasi, Kemampuan Penalaran, Kemampuan Komunikasi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 05 Aug 2022 03:02
Last Modified: 05 Aug 2022 03:02
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14659

Actions (login required)

View Item View Item