Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Kooperatif Tipe Jigsaw Materi SPLTV Kelas X SMAS Nurul Islam Indonesia

Mantau, Ade Indri Liani (2021) Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Kooperatif Tipe Jigsaw Materi SPLTV Kelas X SMAS Nurul Islam Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
ADE INDRI LIANI MANTAU.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kooperatif tipe jigsaw, (2) mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kooperatif tipe jigsaw, (3) mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X SMAS Nurul Islam Indonesia yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 56 siswa, dan sampel pada penelitian ini yaitu kelas X-1 sebanyak 28 siswa sebagai kelas eksperimen I dan kelas X-2 sebanyak 28 siswa sebagai kelas eksperimen II. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis varians (ANAVA) dan dilanjutkan dengan uji Tuckey pada taraf signifikan 0,05. Hasil Temuan ini menunjukkan: (1) tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, (2) terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, (3) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: :Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Komunikasi, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 05 Aug 2022 02:58
Last Modified: 05 Aug 2022 02:58
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14658

Actions (login required)

View Item View Item