Dhani, Sonia Desmawar (2021) Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Sistem Tata Surya Pada Kelas VI MIS Al-Ikhlas Kisaran Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
__Skripsi SONIA DESMAWAR DHANI (0306173183)__.pdf Download (6MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA materi sistem tata surya melalui metode role playing di kelas VI MIS Al-Ikhlas tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap sikuls terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI MIS Al-Ikhlas Kisaran yang berjumlah 27 siswa. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Uji validitas data pada penelitian ini menggunakan triangulasi data dan triangulasi metode. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat menunjukkan bahwa penerapan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar mengenai sistem tata surya pada siswa kelas VI MIS Al-Ikhlas Kisaran. Peningkatan hasil belajar dibuktikan dengan meningkatnya nilai evaluasi pembelajaran sistem tata surya siswa pada setiap siklus yaitu nilai rata-rata siswa sebelum tindakan (prasiklus) sebesar 58,33 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 37%, siklus I meningkat menjadi 65,37 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 56%, dan siklus II meningkat kembali menjadi 76,48 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 92%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar sistem tata surya siswa kelas VI MIS Al-Ikhlas Kisaran tahun pelajaran 2021/2022.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | sistem tata surya, metode role playing |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 04 Aug 2022 08:08 |
Last Modified: | 04 Aug 2022 08:08 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14633 |
Actions (login required)
View Item |