Implementasi Komunikasi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Guru di Pondok Pesantren Darus Sholihin Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu

Ahyar, Ahyar (2020) Implementasi Komunikasi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Guru di Pondok Pesantren Darus Sholihin Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Tesis Ahyar-repository.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuaan untuk mendeskripsikan Implementasi Komunikasi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Guru di Pondok Pesantren Darus Sholihin Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu, dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Pengumpulan data penelitian diperoleh dengan teknik triangulasi melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Adapun tujuan penelitian ini ingin mengungkapkan : (1) pola Komunikasi Kepala Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darus Sholihin Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu, (2) upaya Kepala Madrasah dalam mengefektifkan komunikasi di lingkungan Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darus Sholihin Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu, (3) Faktor pendukung dan penghambat apasajakah yang mempengaruhi proses Komunikasi Kepala Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darus Sholihin Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu, (4) kaitan Komunikasi Kepala madrasah dengan peningkatan mutu guru di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darus Sholihin Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu.Hasil penelitian ini mengungkapkan Tiga temuan yaitu: Implementasi komunikasi yang dilakukan antara kepala madrasah dengan staf berjalan dengan lancar, bersuasana baik, serta komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan komunikasi lisan dan tulisan. Dengan terjalinnya komunikasi tersebut antara kepala madrasah dengan staf untuk tercapainya tujuan yang sudah diharapkan dalam visi dan misi Pondok Pesantren Darus Sholihin Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu, Implementasi komunikasi yang dilakukan antara kepala madrasah dengan guru berjalan dengan lancar, serta menggunakan komunikasi lisan dan tulisan. Terlihat pada rapat yang dilaksanakan pada setiap minggu yaitu pada hari Kamis, kepala madrasah dengan guru mempunyai kerja sama yang baik untuk menuntaskan kendala yang ada pada guru yang belum memenuhi standart pendidikan atau yang sudah, dan menangani kendala yang lain serta menyiapkan kewajiban sebagai seorang guru. Implementasi komunikasi yang dilakukan antara kepala madrasah dengan pengawas berjalan dengan baik, dan dibangun melalui komunikasi langsung untuk dapat bekerja sama dalam menangani kendala yang dialami guru atau mengenai hal lainnya serta dapat mencapai tujuan yang terdapat dalam visi dan misi Pondok Pesantren Darus Sholihin Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 04 Aug 2022 08:05
Last Modified: 04 Aug 2022 08:05
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14631

Actions (login required)

View Item View Item