Chania, Nurul Alvina (2021) Pengembangan Kamus Bahasa Arab untuk Meningkatkan Penguasaan Mufradat Siswa Kelas VII di SMP IT Al-Munadi Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
SKRIPSI NURUL MANTABE.pdf Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan kamus Bahasa Arab untuk meningkatkan penguasaan mufradat dan memudahkan mencari arti kata yang tidak diketahui di Buku Ajar bahasa Arab siswa kelas VII SMP IT Al-Munadi Medan. Metode yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Pada tahap pengembangan ini terdiri dari pencarian potensi dan masalah, mengumpulkan data informasi, desain produk, uji validasi, revisi produk, uji coba produk. Dari hasil uji validasi media diperoleh hasil rata-rata 3,7 dan dikategorikan baik. Dari hasil uji validasi materi diperoleh hasil rata-rata 3,6 dan dikategorikan baik. Berdasarkan hasil dari keduanya dapat disimpulkan bahwa kamus tersebut layak untuk di uji coba kepada siswa. Pengumpulan data penelitian diperoleh dengan cara observasi, angket, dokumentasi, penilaian ahli, respon siswa dan guru, pre test dan post test. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa kamus bahasa Arab (Tematik). Dari hasil pre test diperoleh nilai presentase 49,33% dan hasil post test diperoleh nilai presentase 84% serta hasil dari penilaian siswa terhadap kamus diperoleh hasil rata-rata 3,8. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan peningkatan penguasaaan mufradat serta pemahaman dalam belajar bahasa Arab termasuk kategori baik setelah menggunakan kamus Bahasa Arab tersebut.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Kamus Bahasa Arab, Penguasaan Mufradat |
Subjects: | 400 Language > 407 Education, research, related topics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 04 Aug 2022 07:54 |
Last Modified: | 04 Aug 2022 07:54 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14627 |
Actions (login required)
View Item |