Upaya Meningkatkan Hasil Siswa Dengan Menggunakan Model Make A Match Pada Pelajaran IPS Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Di Indonesia Pada Siswa Kelas V SDN 173569 Hutanamora.

Siagian, Nur Anisah (2021) Upaya Meningkatkan Hasil Siswa Dengan Menggunakan Model Make A Match Pada Pelajaran IPS Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Di Indonesia Pada Siswa Kelas V SDN 173569 Hutanamora. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
edit NUR ANISAH SIAGIAN (0306162110).pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Hasil belajar siswa kelas V sebelum diterapkannya model pembelajaran Make A Match pada mata pelajaran IPS; 2) Penerapan model pembelajaran Make A Match pada mata pelajaran IPS; 3) Hasil belajar setelah diterapkannya model pembelajaran Make A Match pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SD N 173569 Hutanamora. Subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas V dengan jumlah siswa 34 orang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1) Sebelum menggunakan model pembelajaran Make A Match nilai rata- rata siswa 58,48 dan hasil belajar siswa yang tuntas hanya 8 siswa (23,53%), sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 26 siswa (74,47%), 2) Proses penerapan model pembelajaran Make A Match pada mata pelajaran IPS di kelas V SD N 173569 Hutanamora berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada siklus I, namun belum mencapai nilai ketuntasan klasikal, maka perlu dilanjutkan ke siklus II, 3) Setelah menggunakan model pembelajaran Make A Match hasil belajar siswa dapat meningkat, hal ini terbukti pada siklus I hasil belajar siswa memiliki nilai rata-rata 64,7 (61,76%) dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 81,17 (82,35%).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Siswa, Model Make A Match
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 03 Aug 2022 08:07
Last Modified: 03 Aug 2022 08:07
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14589

Actions (login required)

View Item View Item