Nilai-Nilai Pendidikan Sosial Dalam Tradisi Merdang Merdem Pada Masyarakat Karo di Desa Sempajaya Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo

Patma, Anggi Dwi (2021) Nilai-Nilai Pendidikan Sosial Dalam Tradisi Merdang Merdem Pada Masyarakat Karo di Desa Sempajaya Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI ANGGI DWI PATMA IPS 2017 123.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan sosial dalam tradisi Merdang Merdem di Desa Sempajaya Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo. Orang yang akan ditanyakan dalam penelitian ini pemeran penting dalam agama, ketua adat dan tokoh masyarakat. Data yang diperoleh yaitu menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk mengetahui data yang valid. Tradisi Merdang Merdem atau biasa sering disebut dengan Kerja Tahun ialah suatu tradisi masyarakat Karo yang melambangkan ucapan syukur hamba terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rezeki kepada masyarakat Karo yaitu dari hasil bumi yang Iya ciptakan yang melimpah. Acara ini sangat terkenal dikalangan masyarakat yang berada di Kabupaten Karo. Penelitian yang digunakan oleh peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Penyusun skripsi mengamati langsung secara nyata pada pelaksanaan tradisi Merdang Merdem pada masyarakat Karo dan tanya jawab dengan ketua adat, pemeran utama agama, dan tokoh masyarakat. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa Tradisi Merdang Merdem di Desa Sempajaya Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo yaitu sejarah bermula dari rasa syukur masyarakat suku Karo atas hasil panen yang melimpah sehingga mereka mengadakan tradisi yang bernama Merdang Merdem yang lebih dikenal masyarakat luas ialah Kerja Tahun. Pelaksanaan tradisi ini dilakukan setiap setahun sekali dengan tanggal baik menurut suku Karo. Makanan khas yang ada dalam Tradisi Merdang Merdem ini ialah cimpa. Awalnya acara Tradisi Merdang Merdem ini yaitu acara sosial masyarakat yang melibatkan seluruh warga masyarakat dalam usaha bersama untuk mendapatkan keselamatan dan kepedulian antar sesama antar warga untuk menjaga kelestarian budaya yang sudiajarkan dari dahulu kala khususnya di Desa Sempajaya. Diketahui bahwa dalam setiap prosesi acara terdapat kegiatan yang sangat menyatukan dengan pendidikan sosial dan sikap sosial di dalamnya seperti kerja bakti bersama yang terlihat dari sikap masyarakat yang sangat bersahabat dan jiwa warga demi terlaksananya kegiatan tradisi Merdang Merdem ini. Karena itu adanya kegiatan ini terus dilaksanakannya setiap tahun ucapan rasa syukur yang tak terhingga warga terhadap hasil panen yang diberikan kepada penciptanya, juga sebagai perkumpulan warga dalam menjaga sikap di dalam lingkungan warga Desa, dan mmenjaga kesucian budaya yang sudah ada pada zama dahulu di Desa Sempajaya. Adapun nilai-nilai pendidikan sosial dalam tradisi merdang merdem ini nilai sejarah dan ekonomi, nilai keagamaan, nilai kearifan lokal, nilai kesatuan dan nilai toleransi. Serta tertanamnya sikap sosial masyarakat yaitu berperilaku jujur, bertanggung jawab, mandiri dan percaya diri, dan sopan santun.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Sosial, Sikap Sosial, dan Tradisi Merdang Merdem.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 03 Aug 2022 08:10
Last Modified: 03 Aug 2022 08:10
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14587

Actions (login required)

View Item View Item