Hubungan Penggunaan Alat Pelindung Diri dengan Gangguan Penglihatan Pada Pekerja Bengkel Las di Jalan Sutomo Ujung Kecamatan Medan Timur

Natatyas, Filza Syahira (2021) Hubungan Penggunaan Alat Pelindung Diri dengan Gangguan Penglihatan Pada Pekerja Bengkel Las di Jalan Sutomo Ujung Kecamatan Medan Timur. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI FILZA SYAHIRA 0801171007.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bengkel las merupakan salah satu tempat kerja informal yang berisiko terjadinya kecelakaan dan penyakit akibat kerja. Penggunaan alat pelindung diri sangat penting bagi para pekerja. Namun demikian pada kenyatannya masih banyak tenaga kerja yang belum mennggunakan alat pelindung diri selama bekerja. Salah satu penyekit akibat kerja adalah gangguan penglihatan. Gangguan penglihatan terjadi karena pekerja terpapar secara langsung oleh benda asing atau radiasi dari proses pengelasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penggunaan alat pelindung diri dengan gangguan penglihatan pada pekerja bengkel las di Jalan Sutomo Ujung Kecamatan Medan Timur. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif dengan pendekatan studi cross-sectional. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dan diolah menggunakan aplikasi SPSS. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji chi square. Besar sampel pada penelitian ini berjumlah 123 pekerja las. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan kacamata las (P-value 0,003), penggunaan goggles (P-value 0,042) dan penggunaan tameng muka (P- value 0,000). Pekerja las harus selalu memperhatikan kesehatan dan keselamatan kerja selama bekerja, khususnya untuk penyakit akibat kerja seperti gangguan penglihatan pada pekerja, dapat diminimalisirkan dengan cara menggunakan Alat Pelindung diri (APD) yang baik dan benar selama bekerja.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Alat Pelindung Diri, Pekerja Las, Gangguan Penglihatan
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 03 Aug 2022 04:43
Last Modified: 03 Aug 2022 04:43
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14575

Actions (login required)

View Item View Item