Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Media Komik Untuk Meningkatkan keterampilan Membaca Siswa Kelas VII MTS TPI Gunung Melayu

Sundari, Septi (2021) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Media Komik Untuk Meningkatkan keterampilan Membaca Siswa Kelas VII MTS TPI Gunung Melayu. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Skripsi Septi Sundari.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu : (1) Mendeskripsikan rancangan media pembelajaran berbasis media komik untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas VII MTS TPI Gunung Melayu. (2) Mendeskripsikan kemampuan siswa dalam keterampilan membaca pada siswa kelas VII MTS TPI Gunung Melayu. (3) Mendeskripsikan hasil setelah pengujian produk terhadap siswa kelas VII MTS TPI Gunung Melayu. Desain penelitian ini adalah research and development. Data penelitian ini diperoleh melalui tes dan non tes. Alat pengembilan data tes berupa soal tes dengan menggunakan pre tes dan pos tes untuk siswa, dan alat data non tes berupa wawancara, observasi siswa terhadap kecepatan pemahaman, kreativitas, dan hasil belajar, serta angket kebutuhan guru dan siswa, angket uji validasi ahli terhadap media dan bahasa, dan dokumentasi foto. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari pengambilan data pre tes dan pos tes. Dari data pre tes diketahui bahwa nilai rata-rata kelas VII dari 32 siswa yaitu 68,03 dengan kategori cukup, dan dari data pos tes diketahui bahwa terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata siswa yaitu 87,53 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil peningkatan keterampilan membaca menggunakan media komik pada siswa kelas VII MTS TPI Gunung Melayu.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Bahan Ajar, Komik, Keterampilan Membaca, Bahasa Arab
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 02 Aug 2022 08:52
Last Modified: 02 Aug 2022 08:52
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14547

Actions (login required)

View Item View Item