Penggunaan Media Aplikasi Timeline Untuk Perkembangan Pembelajaran Sejarah Pada Materi Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Di Mas Pab 1 Sampali

Fazillah, Indah (2021) Penggunaan Media Aplikasi Timeline Untuk Perkembangan Pembelajaran Sejarah Pada Materi Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Di Mas Pab 1 Sampali. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
INDAH FAZILLAF PDF.pdf

Download (4MB)

Abstract

Media aplikasi timeline merupakan media pembelajaran yang sangat sederhana yang dapat mengurangi waktu menjadi pemahaman. Konsep waktu yang digambarkan melalui media aplikasi timeline membantu siswa memahami secara nyata dengan melihat urutan pristiwa berapa lama waktu dan sebelum peristiwa itu tejadi. Media aplikasi timeline sebagai alat belajar sehingga siswa menemukan materi yang terdapat didalam sebuah media aplikasi . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan pembelajaran sejarah pada materi peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia di Mas Pab 1 Sampali. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Deveopment (R&D) dengan menerapkan tahapan yang disederhakan dari prosedur penelitian Borg and Gall. Sampel yang digunakan adalah 19 orang peserta didik. Instrumen penelitian berupa wawancara, kuesioner dan lembar validasi. Data penelitian diperoleh dari kuesioner dan validasi ahli media, ahli materi dan ahli praktis untuk mengetahui kelayakan produk, kemudian dilakukan uiji coba lapangan dengan peserta didik yang bertujuan untuk memperoleh keefektifan sebuah produk. Hasil dari penelitian dan pengembangan yang dilakukan memberikan keterangan bahwa produk media apliaksi timeline yang telah dikembangkan “sangat layak” digunakan setelah melalui uji coba validasi dari ahli media dengan nilai 43, 75, ahli materi 4,5 dan ahli praktis 3,91.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Aplikasi Timeline, Perkembangan Pembelajaran Sejarah Materi Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 02 Aug 2022 09:00
Last Modified: 02 Aug 2022 09:00
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14544

Actions (login required)

View Item View Item