Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Di MAS Amaliyah Sunggal

Lubis, Miftahul Wilda (2021) Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Di MAS Amaliyah Sunggal. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI MIFTAHUL WILDA LUBIS.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran Reciprocal Teaching pada materi Limit Fungsi Kelas XI IPA MAS Amaliyah Sunggal. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya yaitu seluruh siswa kelas XI IPA yang berjumlah 90 orang. Sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 dengan masing-masing berjumlah 30 siswa untuk dijadikan sebagai kelas eksperimen yang ditentukan dengan cara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan memberikan pre-test dan post-test untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematis. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji Mann- Whitney yang digunakan untuk mengetahui perbedaan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran Reciprocal Teaching. Dimana hasil yang diperoleh dari uji pada taraf = 0,05 tersebut yaitu Zhitung = -3,482 dan Ztabel = -1,96 menunjukkan bahwa Zhitung ≤ Ztabel maka H0 ditolak. Artinya rata-rata dan rangking terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika antara kelas eksperimen I dengan kelas eksperimen II berbeda. Jadi dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran Reciprocal Teaching.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 02 Aug 2022 08:39
Last Modified: 02 Aug 2022 08:39
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14543

Actions (login required)

View Item View Item