Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Tipe Number Head Together Pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel Kelas X Di SMAS Bandung Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2020-2021

Lubis, Rafiqah Yusra (2021) Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Tipe Number Head Together Pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel Kelas X Di SMAS Bandung Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2020-2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
FILE SKRIPSI BURNING RAFIQAH YUSRA LUBIS.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe Number Head Together (NHT) pada materi SPLTV kelas x di SMA Swasta Bandung Percut Sei Tuan T.P 2020-2021 dan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe Number Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada materi SPLTV kelas x di SMA Swasta Bandung Percut Sei Tuan 2020-2021. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa/siswi kelas X di SMA Swasta Bandung Percut Sei Tuan Semester Ganjil Tahun Pembelajaran 2020-2021 sebanyak 4 kelas yang berjumlah 120 siswa. Dipilih sampel sebanyak dua kelas, yaitu kelas X-1 dengan jumlah 30 siswa untuk eksperimen 1 dan kelas X-2 dengan jumlah 30 siswa untuk eksperimen 2. Analisis data dilakukan dengan uji-t. Hasil temuan ini menunjukkan bahwa: 1) Tidak terdapat perbedaan signifikan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe Number Head Together (NHT) pada materi SPLTV kelas x di SMA Swasta Bandung Percut Sei Tuan T.P 2020-2021. Dengan menggunakan hasil uji-t, yakni di peroleh nilai yang signifikansi 0,508.2) Tidak terdapat perbedaan signifikan kemampuan komunikasi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe Number Head Together (NHT) pada materi SPLTV kelas x di SMA Swasta Bandung Percut Sei Tuan T.P 2020-2021. Dengan menggunakan hasil uji-t, yakni di peroleh nilai yang signifikansi 0,189. 3) Terdapat hubungan yang positif antara kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe Number Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada materi SPLTV kelas x di SMA Swasta Bandung Percut Sei Tuan T.P 2020-2021. Dengan menggunakan uji korelasi, yakni di peroleh nilai yang signifikansi 0,000.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Tipe Number Head Together (NHT).
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 02 Aug 2022 04:44
Last Modified: 02 Aug 2022 04:44
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14524

Actions (login required)

View Item View Item