Nasution, Muhammad Fahmi Arif (2021) Peran Guru IPS Dalam Membentuk Karakter Siswa Smp Negeri 3 Satu Atap Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
SKRIPSI FAHMI ARIF NASUTION.pdf Download (3MB) |
Abstract
Yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menemukan Bagaimana rancangan program pembelajaran IPS yang dirancang oleh guru IPS dalam membentuk karakter siswa di SMPN 3 Satu Atap Pinangsori, Bagaimana implementasi pembelajaran IPS yang dilakukan oleh guru IPS untuk membentuk karakter siswa di SMPN 3 Satu Atap Pinangsori, Apa saja faktor- faktor yang menjadi pendukung dalam membentuk karakter siswa di SMPN 3 Satu Atap Pinangsori, Apa saja faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam membentuk karakter siswa di SMPN 3 Satu Atap Pinangsori, Bagaimana solusi untuk mengatasi faktor-faktor penghambat dalam membentuk karakter siswa di SMPN 3 Satu Atap Pinangsori. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukan: 1) Rancangan program pembelajaran IPS di SMPN 3 Satu Atap Pinangsori, RPP yang digunakan guru IPS di SMPN 3 Satu Atap Pinangsori mengadaptasi kegiatan pembelajaran (kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup) yang dapat mendorong dan membentuk karakter siswa yang dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw dan discovery learning, 2) Implementasi pembelajaran IPS yang dilakukan oleh guru IPS untuk membentuk karakter siswa di SMPN 3 Satu Atap Pinangsori, menggunakan model pembelajaran jigsaw dan discovery learning di mana keduanya adalah pembelajaran kelompok, 3) Faktor pendukung penyelenggaraan pendidikan karakter di SMPN 3 Satu Atap Pinangsori adalah adanya dukungan dari pemerintah, sumber daya manusia yang memadai, kelengkapan sarana dan prasarana sekolah, kegiatan rutin dan terjadwal serta kondisi lingkungan yang mendukung, 4) Pelaksanaan pendidikan karakter di SMPN 3 Satu Atap Pinangsori mengalami beberapa kendala antara lain pengaruh media dan lingkungan tempat tinggal siswa yang kurang baik, 5) Solusi untuk mengatasi faktor-faktor penghambat dalam membentuk karakter siswa di SMPN 3 Satu Atap Pinangsori dilakukan pihak sekolah, termasuk guru IPS, guru harus terus menjalin komunikasi dengan orang tua/wali siswa mengenai perkembangan peserta didik ketika berada di rumah, selain itu guru juga harus selalu memberikan nasihat kepada peserta didik, ketika peserta didik melakukan kesalahan ataupun melakukan hal-hal yang mengganggu jalannya proses pembelajaran.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kerjasama, komunikasi, nasihat. |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 01 Aug 2022 04:37 |
Last Modified: | 01 Aug 2022 04:37 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14516 |
Actions (login required)
View Item |