Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan Tipe Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Di MAS YMPI Sei Tualang Raso

Dalimunthe, Siti Nur Annisyah (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan Tipe Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Di MAS YMPI Sei Tualang Raso. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SITI NUR ANNISYAH DALIMUNTHE(0305172075).pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model : 1. Pembelajaran tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan tipe Reciprocal Teaching terhadap kemampuan pemahaman konsep, 2. Pembelajaran tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan tipe Reciprocal Teaching terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, 3. Pembelajaran tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan tipe Reciprocal Teaching terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design (desain eksperimen semu). Dalam penelitian ini kelas eksperimen akan diberi model pembelajaran Two Stay Two Stray dan Reciprocal Teaching sedangkan kelas kontrol akan diberi model pembelajaran konvensional. Teknik analsis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: 1. Menghitung rata-rata skor siswa, 2. Menghitung varians, 3. Menghitung standar deviasi, 4. Uji normalitas data, 5. Uji homogenitas dan 6. Uji hipotesis. Melalui uji hipotesis dengan uji mann whitney diperoleh: (1) nilai sig.hitung = 0.00 sedangkan sig. acuan = 0.05 maka diperoleh sig. hitung > sig. acuan, sesuai dasar pengambilan keputusan dalam uji mann whitney, dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan tipe Reciprocal Teaching terhadap kemampuan pemahaman konsep, (2) nilai sig.hitung = 0.00 sedangkan sig. acuan = 0.05 maka diperoleh sig. hitung > sig. acuan, sesuai dasar pengambilan keputusan dalam uji mann whitney, dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan tipe Reciprocal Teaching terhadap kemampuan komunikasi matematis, (3) berdasarkan hasil hipotesis pertama dan kedua sehingga didapat sig. hitung > sig. acuan, sesuai dasar pengambilan keputusan dalam uji mann whitney, dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan tipe Reciprocal Teaching terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Pembelajaran Koooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS), Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Reciprocal Teaching, Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemampuan Komunikasi Matematis.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 01 Aug 2022 04:13
Last Modified: 01 Aug 2022 04:13
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14513

Actions (login required)

View Item View Item