Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kreatif Matematis Siswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education dan Problem Solving Pada Materi Program Linear di Kelas XI MAS Pondok Pesantren Darul Qur’an T.P 2020-2021

Maisyaroh, Maisyaroh (2021) Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kreatif Matematis Siswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education dan Problem Solving Pada Materi Program Linear di Kelas XI MAS Pondok Pesantren Darul Qur’an T.P 2020-2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
skripsi maisyaroh-1.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran realistic mathematic education dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran problem solving; 2) Perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran realistic mathematic education dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran problem solving; 3) Perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran realistic mathematic education dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran pembelajaran problem solving. Jenis penelitian ini adalah Eksperimen Semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MAS Pondok Pesantren Darul Qur’an. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IIK 1 sebagai kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran problem solving dan kelas X IIK 2 sebagai kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran realistic mathematic education. Data diperoleh dari post-test dengan 5 butir soal tes kemampuan kemampuan pemecahan masalah dan 5 butir soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Data dianalisis secara deskriptif dan menggunakan teknik Two Way ANAVA dan dilanjutkan dengan uji Tuckey. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, diperoleh: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran realistic mathematic education dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran problem solving; 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar menggunakan model realistic mathematic education dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran problem solving; 3) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar menggunakan model realistic mathematic education dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran problem solving.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education, dan Problem Solving
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 01 Aug 2022 03:19
Last Modified: 01 Aug 2022 03:19
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14508

Actions (login required)

View Item View Item