Maisyaroh, Maisyaroh (2021) Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kreatif Matematis Siswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education dan Problem Solving Pada Materi Program Linear di Kelas XI MAS Pondok Pesantren Darul Qur’an T.P 2020-2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
skripsi maisyaroh-1.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran realistic mathematic education dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran problem solving; 2) Perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran realistic mathematic education dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran problem solving; 3) Perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran realistic mathematic education dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran pembelajaran problem solving. Jenis penelitian ini adalah Eksperimen Semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MAS Pondok Pesantren Darul Qur’an. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IIK 1 sebagai kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran problem solving dan kelas X IIK 2 sebagai kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran realistic mathematic education. Data diperoleh dari post-test dengan 5 butir soal tes kemampuan kemampuan pemecahan masalah dan 5 butir soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Data dianalisis secara deskriptif dan menggunakan teknik Two Way ANAVA dan dilanjutkan dengan uji Tuckey. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, diperoleh: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran realistic mathematic education dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran problem solving; 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar menggunakan model realistic mathematic education dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran problem solving; 3) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar menggunakan model realistic mathematic education dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran problem solving.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education, dan Problem Solving |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 01 Aug 2022 03:19 |
Last Modified: | 01 Aug 2022 03:19 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14508 |
Actions (login required)
View Item |