Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Deba Aktif Pada Mata Pelajaran SKI Materi Hijrah Nabi Muhammad SAW Ke Madinah Kelas VII Di MTs Yayasan Perguruan Nurul Ikhlas (YAPNI) Medan

Siregar, Muhammad Ramzani (2021) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Deba Aktif Pada Mata Pelajaran SKI Materi Hijrah Nabi Muhammad SAW Ke Madinah Kelas VII Di MTs Yayasan Perguruan Nurul Ikhlas (YAPNI) Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI RAMZANI .pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode debat aktif pada Mata Pelajaran SKI Materi Hijrah Nabi Muhammad SAW Ke Madinah Kelas VII Di MTs Yayasan Perguruan Nurul Ikhlas (YAPNI) Medan. Metode penelitian ini adalah penelitian dalam kelas meliputi kegiatan pelaksanaan tindakan kelas (PTK) berupa kergiatan refleksi awal dan melakukan observasi untuk mengidentifikasi permasalahan yang terjadi di kelas, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Adapun sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Yayasan Perguruan Nurul Ikhlas (YAPNI Medan yang berjumlah 25 orang. Sebagai objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode debat aktif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan belajar, karena kegiatan belajar merupakan proses, sedangkan hasil belajar adalah hasil dari proses belajar. Memahami pengertian hasil belajar secara garis besar harus bertitik tolak kepada pengertian belajar itu sendiri. Hasil belajar dikatakan sempurna apabila memenuhi tiga aspek yakni: kognitif, afektif dan psikomotorik, sebaliknya dikatakan hasil kurang memuaskan jika seseorang belum mampu memenuhi target dalam ketiga kriteria tersebut. Setelah dilakukannya pengolahan dan analisa terhadap hasil penelitian dikemukakan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar SKI siswa materi Hijrah Nabi Muhammad SAW ke Madinah dengan menggunakan metode debat aktif kelas VII di MTs Yayasan Perguruan Nurul Ikhlas (YAPNI) Medan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Debat Aktif dan Hasil Belajar Siswa
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 28 Jul 2022 03:53
Last Modified: 28 Jul 2022 03:53
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14464

Actions (login required)

View Item View Item