Perbedaan Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa yang Diajarkan Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) dan Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Materi Program Linear Kelas XI MAS Al-Washliyah 12 Perbaungan

Fadilla, Nurul Vikha (2021) Perbedaan Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa yang Diajarkan Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) dan Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Materi Program Linear Kelas XI MAS Al-Washliyah 12 Perbaungan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
NURUL VIKHA FADILLA_NIM 0305161015.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TTW dan tipe TPS, 2) Perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TTW dan tipe TPS, 3) Perbedaan kemampuan penalaran matematis dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TTW dan tipe TPS. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI MIA MAS Al-Washliyah 12 Perbaungan Tahun Ajaran 2020/2021 yang berjumlah 60 siswa. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA 1 Rombel 1 yang berjumlah 16 orang dan kelas XI MIA 2 Rombel 1 yang berjumlah 16 orang. Instrumen tes yang digunakan adalah tes berbentuk uraian. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA). Hasil temuan ini menunjukkan: 1) Tidak terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TTW dan tipe TPS dengan Fhitung < Ftabel pada taraf (a= 0,05) yaitu 2,949 < 4,171. 2) Tidak terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TTW dan tipe TPS dengan Fhitung < Ftabel pada taraf (a= 0,05) yaitu 0,497 < 4,171. 3) Tidak terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TTW dan tipe TPS dengan Fhitung < Ftabel pada taraf (a= 0,05) yaitu 2,939 < 4,001.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Penalaran Matematis, Kemampuan Komunikasi Matematis, Think Talk Write, Think Pair Share.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 27 Jul 2022 07:56
Last Modified: 27 Jul 2022 07:56
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14448

Actions (login required)

View Item View Item