Novia, Alda (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Decision Making Berbantuan Poster Pada Materi Biologi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Al-Mukhlisin Batu Bara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
SKRIPSI BEBAS PERPUS ALDA NOVIA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Model pembelajaran merupakan perencanaan atau pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas serta membantu peserta didik memperoleh informasi, ide, keterampilan, nilai-nilai, cara berfikir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Decision Making berbantuan poster terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas X Madrasah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik the nonrandomized control group pretest posttest design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IPA Madrasah Aliyah Al-Mukhlisin yang terdiri dari kelas X IPA 1 berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan X IPA 2 berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini dalam bentuk tes berupa soal essay sebanyak 1 butir soal dengan indikator berfikir kreatif Fluency, Flexibelity, Originaliti dan elaboration. Analisis data kemampuan berpikir kreatif menggunakan rumus uji “ ” juga dengan bantuan Software Microsoft Excel 2010. Analisis indikator dan hasil perhitungan rerata kemampuan berpikir kreatif peserta didik menunjukkan kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Uji prasyarat terbukti berdistribusi normal dan homogen. Hasil perhitungan uji diperoleh bahwa bernilai 2,21076 dan bernilai 1,6973 sehingga menunjukkan maka menerima diterima. Simpulan dalam penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Decision Making berbantuan poster pada materi biologi terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X Madrasah.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Decision Making Berbantuan Poster, Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 04:16 |
Last Modified: | 27 Jul 2022 04:16 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14442 |
Actions (login required)
View Item |