Peran Guru BK Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di MTs. Negeri 2 Deli Serdang

Umry, Nurul Fauziah (2020) Peran Guru BK Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di MTs. Negeri 2 Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
NURUL FAUZIAH UMRY.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 2 Deli Serdang. Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui 1) Faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik siswa, 2) Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok, serta 3) Peran guru BK untuk mengurangi prokrastinasi akademik siswa di MTs Negeri 2 Deli Serdang.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitiannya adalah Kepala Sekolah, guru BK, Wali Kelas, dan 3 (tiga) siswa. Metode pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, diperoleh hasil bahwa 1) faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik siswa yaitu kurangnya perhatian dari orangtua, metode pembelajaran guru yang monoton, dan lupa waktu kalau sudah bermain gadget. 2) pelaksanaan layanan bimbingan kelompok sudah baik namun belum dapat dikatakan sempurna dikarenakan keterbatasan waktu dan tidak adanya jam BK disekolah. 3) peran guru BK untuk mengurangi prokrastinasi akademik adalah guru mengumpulkan data siswa yang melakukan prokrastinasi akademik dan tetap selalu bekerja sama dengan wali kelas, kemudian guru BK memberikan layanan bimbingan kelompok kepada siswa dan memberikan pemahaman serta motivasi kepada siswa. Selalu memantau keadaan siswa dan memberikan reward sebagai bentuk apresiasi kepada siswa agar lebih semangat dalam belajar.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 21 Jul 2022 04:36
Last Modified: 21 Jul 2022 04:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14390

Actions (login required)

View Item View Item