Perbedaan Hasil Belajar Matematika Yang Diajar Dengan Reciprocal Teaching Dan Auditory Intellectually Repetition Pada Materi SPLDV Di Kelas VIII MTs AL-Muttaqin SUHUD T.P 2021/2022

Kusumah, Siska Widia (2021) Perbedaan Hasil Belajar Matematika Yang Diajar Dengan Reciprocal Teaching Dan Auditory Intellectually Repetition Pada Materi SPLDV Di Kelas VIII MTs AL-Muttaqin SUHUD T.P 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
skripsi ( siska widia kusumah).pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan hasil belajar yang diajar dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching dan Auditory Intellectually Repetition Pada Materi SPLDV di kelas VIII MTs Al-Muttaqin Suhud T.P 2021/2022 Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis quasi eksperimen. Populasinya adalah peserta didik kelas VIII di MTs Al-Muttaqin Suhud T.P 2021/2022 yang terdiri dari 3 kelas berjumlah 87 orang. Kelas VIII-1 berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen I dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching, dan VIII-3 berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen II dengan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition. Instrumen dalam penelitian ini berbentuk tes uraian . Hasil penelitian, diperoleh uji normalitas kelas eksperimen I pre-test Lhitung = 0,134 dan post-test Lhitung = 0,157. Kelas eksperimen II pre-test Lhitung = 0,145 dan posttest Lhitung = 0,121. Berdasarkan Ltabel = 0,161 data dari kelas eksperimen I dan eksperimen II tersebut dinyatakan berdistribusi normal dengan Lhitung < Ltabel. Uji homogenitas diperoleh hasil nilai pre-test Fhitung = 1,108, dan post-test Fhitung = 1,408. Berdasarkan Ftabel = 1,834 diperoleh Fhitung < Ftabel , sehingga kedua sampel homogen. Uji hipotesis Uji-t, untuk hipotesis diperoleh thitung > ttabel dengan 4,212 > 2,002 menyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian disimpulkan pembelajaran materi SPLDV dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih baik dibandingkan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition.Sehingga terdapat perbedaan hasil belajar yang diajar dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching dan Auditory Intellectually Repetition Pada Materi SPLDV di kelas VIII MTs Al-Muttaqin Suhud T.P 2021/2022

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 21 Jul 2022 04:29
Last Modified: 21 Jul 2022 04:29
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14389

Actions (login required)

View Item View Item