Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Al-Muttaqin Suhud

Jumiati, Sri (2021) Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Al-Muttaqin Suhud. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Skripsi Sri Jumiati full.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa video pembelajaran berbasis sparkol videoscribe untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Keefektifan produk dinilai dari peningkatan nilai tes awal (pretest) dan tes akhir (postest) siswa. Penelitian ini adalah penelitian R&D, dengan langkah penelitian mengacu pada model pengembangan ADDIE. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII Mts Al-Muttaqin Suhud yang berjumlah 30 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen lembar respon siswa terhadap kemenarikan dan keefektifan video pembelajaran berbasis sparkol videoscribe dan tes hasil belajar siswa. Hasil penilaian dari ahli media diperoleh persentase kelayakan sebesar 92,73% oleh validator I dan 87,27% oleh validator II dengan kategori “sangat layak” serta penilaian dari ahli materi sebesar 90,67% oleh validator I dan 85,33% dengan kategori “sangat layak”. Hasil dari angket respon siswa diperoleh persentase sebesar 83,75% yang berarti media yang dikembangkan sudah sangat baik. Adapun pada saat tes awal, nilai rata-rata yang diperoleh oleh siswa adalah 41,6 dan pada saat tes akhir adalah 78,6. Hal ini dapat diketahui bahwa telah terjadi peningkatan nilai siswa dari tes awal dan tes akhir yaitu sebesar 0,61 hal ini termasuk kedalam kategori “sedang”. Oleh karena itu, media tersebut dapat dikatakan cukup efektif dalam pembelajaran bangun ruang sisi datar.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Sparkol Videoscribe, Media Pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 21 Jul 2022 04:19
Last Modified: 21 Jul 2022 04:24
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14387

Actions (login required)

View Item View Item