Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) di Kelas X MAs Amaliyah Sunggan T.P. 2020/2021

Khairunnisa, Lia (2021) Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) di Kelas X MAs Amaliyah Sunggan T.P. 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI .pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas X yang diajarkan dengan Pembelajaran Berbasis Masalah pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) di MAs Amaliyah Sunggal T.A 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode kualitatif deskripsi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MAs Amaliyah Sunggal. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis tes berpikir kreatif matematis mengacu pada empat indikator berpikir kreatif, yaitu: kelancaram (fluency), keluwesan (flexibility), kerincian (elaboration), dan keaslian (originality). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis dari 31 orang siswa dengan kemampuan ‘sangat rendah’ sebesar 19,35”, kemampuan ‘rendah’ sebesar 25,81%, kemampuan ‘sedang’ sebear 45,16%, kemampuan ‘tinggi’ sebesar 6,45% dan kemampuan ‘sangat tinggi’ sebesar 3,23%; (2) Setelah proses jawaban siswa dideskripsikan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah sudah mempersiapkan diri untuk memecahkan masalah dengan belajar berpikir, mencari jawab, bertanya kepada orang dan kegiatan mencari serta menghimpun data/informasi menimbulkan adanya gagasan baru; (3) Analisis kesulitan berpikir kreatif matematis penelitian ini adalah kesulitan dalam menerapkan prinsip dan menyelesaikan masalah verbal bersamaan dengan kekurangmampuan menyelesaikan masalah dengan cara sendiri.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berpikir kreatif, Model Pembelajaran Berbasis Masalah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:23
Last Modified: 20 Jul 2022 03:23
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14368

Actions (login required)

View Item View Item