Upaya Guru Bimbingan dan Konseling Untuk Mengurangi Angka Putus Sekolah (Drop Out) di SMA Swasta Budi Agung Medan.

Arimi, Nadhirah (2021) Upaya Guru Bimbingan dan Konseling Untuk Mengurangi Angka Putus Sekolah (Drop Out) di SMA Swasta Budi Agung Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI NADHIRAH ARIMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja penyebab dari masalah siswa yang putus sekolah (drop out), kendala yang sering di alami ketika ada siswa yang terindikasi putus sekolah (drop out), dan untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan Guru BK di SMA Swasta Budi Agung Medan mengurangi angka putus sekolah (drop out). Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, Guru Bimbingan dan Konseling. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang diperoleh dari observasi, wawancara, dan doukumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru BK untuk mengurangi angka putus sekolah (Drop Out) di SMA Swasta Budi Agung Medan sangat baik. Karena guru BK lulusan dari Bimbingan dan Konseling sehingga guru BK paham untuk mengatasi masalah siswa, maka peran guru BK diperlukan untuk menyelesaikan permasalahan siswa, guru BK di sekolah SMA Swasta Budi Agung memberikan beberapa layanan dan kegiatan pendukung dalam bimbingan konseling kepada siswa-siswinya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru Bimbingan dan Konseling, Putus Sekolah (drop out)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:18
Last Modified: 20 Jul 2022 03:18
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14367

Actions (login required)

View Item View Item