Pengembangan Bahan Ajar untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII Materi Bangun Ruang Sisi Datar MTs PAB 2 Sampali

Harahap, Lili Herlina (2021) Pengembangan Bahan Ajar untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII Materi Bangun Ruang Sisi Datar MTs PAB 2 Sampali. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
LILI HERLINA HARAHAP 35153033.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kemampun berpikir kreatif yang cenderung rendah disebabkan anggapan siswa bahwa pembelajaran matematika adalah pelajaran yang sulit dan menakutkan, sehingga ketertarikan pada pelejaran tersebut menjadi menurun. Proses pembelajaran juga masih didominasi oleh guru sehingga siswa hanya menguasai materi yang disampaikan oleh guru tanpa adanya keberagaman dalam penyelesaian masalah. Oleh karena itu, dalam menguatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dibutuhkan media pembelajaran yang bersifat dapat mengembangan ide-idenya dan mendukung siswa dapat menyelesaikan masalah dengan penyelesaian yang beragam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa materi bangun ruang sisi datar. Keefektifan produk dinilai dari peningkatan nilai tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) siswa. Penelitian 4-D yang dimodifikasi sampai 3-D. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII T.P. 2019-2020 yang berjumlah 25 orang. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen lembar penilaian media pembelajaran, angket respon siswa, dan tes kemapuan berpikir kreatif siswa. Hasil penilaian dari ahli media diperoleh perentase kelayakan sebesar 91,61% dengan kategori “ sangat layak” dan penilaian dari ahli materi diperoleh persentase kelayakan sebesar 56,74% dan 68,37% dengan kategori “layak”. Hasil dari angket respon siswa diperoleh persentase skornya adalah 79,14% yang berarti media yang dikembangkan sudah sangat baik. Adapun pada saat tes awal, rata-rata nilai yang diperoleh oleh siswa adalah 58,13 dan pada saat tes akhir adalah 84,13. Hal ini dapat diketahui bahwa telah terjadi peningkatan nilai siswa dari tes akhir sebesar 0,61. Hal ini masuk dalam kategori “sedang”. Oleh karena itu, media tersebut dapat dikatakan cukup efektif digunakan dalam pembelajaran bangun ruang sisi datar.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif, Pengembangan Bahan Ajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 15 Jul 2022 06:36
Last Modified: 15 Jul 2022 06:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14339

Actions (login required)

View Item View Item