Siregar, Duma Sari (2022) Pengaruh Model Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV MIS Bidayatul Hidayah 1 Medan Tembung. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tanpa menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script di MIS Bidayatul Hidayah 1 Percut Sei Tuan, 2. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan Model Cooperative Script di MIS Bidayatul Hidayah 1 Percut Sei Tuan, 3. Pengaruh model Cooperative Script terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV MIS Bidayatul Hidayah 1 Percut Sei Tuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen Design menggunakan dua kelas yaitu kelas yaitu eksperimen dan kelas kontrol. Jumlah sampel adalah 30 siswa, 15 kelas kontrol (IV-A) dan 15 kelas eksperimen (IV-B). Instrumen pengumpulan data menggunkan lembar observasi berupa tes yaitu pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (menggunakan uji t). Berdasarkan dari penelitian yang telah di laksanakan pada kelas IV MIS Bidayatul Hidayah 1 Percut Sei Tuan, menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar siswa kelas IV MIS Bidayatul Hidayah 1 Percut Sei Tuan. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data diperoleh nilai pretes 53,33 dan postes 87 pada kelas Eksperimen, dengan selirih rata-rata kenaikan belajar 33,67. Sedangkan analisis data diperoleh nilai pretes 53 dan postes 75,67 pada kelas Kontrol, dengan selisih rata-rata kenaikan hasil belajar 22,67. Berdasarkan dari hasil uji t dimana diperoleh Sig. (2.tailed)<0,05(0,00<0,05).
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Cooperative Scripe, Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 08 Jul 2022 09:10 |
Last Modified: | 08 Jul 2022 09:10 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14322 |
Actions (login required)
View Item |