Putriana, Dini and Sit, Masganti and Basri, Muhammad (2022) Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Melalui Kegiatan Bermain Maze. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6 (1). pp. 7-14. ISSN 2580-5843
Text
10013-35935-1-PB.pdf Download (387kB) |
Abstract
Kecerdasan visual spasial pada lembaga PAUD masih memperhatikan. Hal ini dapat terlihat dari kegiatan pembelajaran yang hanya berfokus untuk meningkatkan kognitif dalam hal membaca, berhitung, dan menulis. Hal lain yang menjadi kendala dalam merangsang kecerdasan visual spasial anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kecerdasan visual spasial melalui bermain maze. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan beberapa siklus untuk melihat perubahannya. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan lembar observasi.. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada prasiklus jumlah anak yang memiliki kecerdasan visual spasial hanya 2 orang. Pada siklus 1 mengalami peningkatan menjadi 5 orang dari 10 orang. Kemudian pada hasil siklus 2 mendapatkan peningkatan 9 dari 10 orang anak meningkat kecerdasan visual spasialnya. Hasil analisis data ini menunjukkan bahwa dengan bermain maze anak dapat memecahkan masalah, mengingat tujuan, belajar membaca peta, mengenali ciri dari sebuah objek dan mampu mengkoordinasikan mata dan tangan dan meningkatkan kemampuan motorik halusnya.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Artikel (Jurnal, Koran, Majalah) |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 08 Jul 2022 04:05 |
Last Modified: | 08 Jul 2022 04:05 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14312 |
Actions (login required)
View Item |