Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa yang Diajar dengan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dan Strategi Pembelajaran Think Pair Share di Mas Pondok Pesantren Darul Qur’an

Nurkholizah, Siti (2021) Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa yang Diajar dengan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dan Strategi Pembelajaran Think Pair Share di Mas Pondok Pesantren Darul Qur’an. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Skripsi Siti Nurkholizah.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berbasis masalah dan strategi pembelajaran Think Pair Share 2) Perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berbasis masalah dan strategi pembelajaran Think Pair Share 3) Perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berbasis masalah dan strategi pembelajaran Think Pair Share 4) Interaksi antara strategi pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI IIKA MAS Pondok Psantren Darul Qur’an T.P 2020/2021 yang terdiri dari 5 kelas, dan 2 kelas diantaranya berjumlah 60 siswa yang dijadikan sampel pada penelitian yang ditentukan dengan cara cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis siswa adalah dengan menggunakan tes berbentuk uraian. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA). Hasil Temuan ini menunjukkan: 1). Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berbasis masalah dan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Think Pair Share pada meteri Matriks dengan Fhitung = 4,834 dan nilai pada Ftabel pada taraf (α = 0,05) = 4,007; 2).Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berbasis masalah dan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Think Pair Share pada meteri Matriks dengan Fhitung = 4,688 dan nilai pada Ftabel pada taraf (α = 0,05) = 4,007; 3).Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berbasis masalah dan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Think Pair Share pada meteri Matriks dengan Fhitung = 9,473 dan nilai pada Ftabel pada taraf (α = 0,05) = 3,92; 4). Tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi Matris dengan F Hitung = 0,030 dan Ftabel pada taraf (α = 0,05) = 3,92.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran berbasis masalah, Think Pair Share (TPS), Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Komunikasi Matematis.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 07 Jul 2022 08:45
Last Modified: 07 Jul 2022 08:45
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14307

Actions (login required)

View Item View Item