Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematis Antara Siswa Yang Diberi Model Pembelajaran Matematika Realistik Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Pokok Bahasan Trigonometri Di Kelas X SMA Swasta Dharma Patra P. Berandan

Putri, Febby Tania Yolanda (2021) Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematis Antara Siswa Yang Diberi Model Pembelajaran Matematika Realistik Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Pokok Bahasan Trigonometri Di Kelas X SMA Swasta Dharma Patra P. Berandan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI FEBBY TANIA YOLANDA PUTRI (35154176).pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran matematika realistik, (2) disposisi matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran matematika realistik, (3) kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri, (4) disposisi matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri, (5) perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran matematika realistik dan model pembelajaran inkuiri, dan (6) perbedaan disposisi matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran matematika realistik dan model pembelajaran inkuiri. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Dharma Patra P. Berandan yang terdiri dari 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA-1 berjumlah 20 orang sebagai kelas eksperimen I dan kelas X IPA-2 berjumlah 20 orang sebagai kelas eksperimen II. Instrument pengumpulan data menggunakan tes dan non tes berupa angket. Teknik analisis data mengguanakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan ANAVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran matematika realistik dan model pembelajaran inkuiri. Berdasarkan perhitungan statistik uji ANAVA diperoleh Fhitung > Ftabel dengan angka 6,552 > 3,97. Dimana kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran matematika realistik memperoleh skor rata-rata sebesar 78,45 dan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri memperoleh skor rata-rata sebesar 70,4 dan (2) terdapat perbedaan disposisi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran matematika realistik dan model pembelajaran inkuiri. Berdasarkan perhitungan statistik uji ANAVA diperoleh Fhitung > Ftabel dengan angka 4,602 > 3,97. Dimana disposisi matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran matematika realistik memperoleh skor rata-rata sebesar 78,45 dan disposisi matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri memperoleh skor rata-rata sebesar 70,4.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Disposisi Matematis, Pembelajaran Matematika Realistik dan Pembelajaran Inkuiri.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 07 Jul 2022 04:42
Last Modified: 07 Jul 2022 04:42
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14297

Actions (login required)

View Item View Item