Implementasi Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru di SMP Negeri 35 Medan

Najirah, Chairani (2021) Implementasi Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru di SMP Negeri 35 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SKRIPSI CHAIRANI NAJIRAH REPOSITORI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) Penerapan kepemimpinan partisipatif (2) Motivasi Kerja Guru di SMP Negeri 35 Medan. (3) Kendala.yang dihadapi.kepala.sekolah.dalam.penerapan kepemimpinan partisipatif.. Penelitian.ini.menggunakan.menggunakan Pendekatan kualitatif dengan metode deksriptif. Penelitian kualitatif deskriptif adalah.metode.penelitian.yang. menggambarkan. secara apa adanya.mengenai.kondisi.atau fenomena.yang ada di lapangan.tanpa dimanipulasi oleh peneliti. dan kehadiran peneliti tidak mempengaruhi dinamika pada obyek tersebut. Ada alasan pemelihian penelitian kualitatif deksriptif penelitian ini didasarkan pada kesesuaian antara karakteristik pendekatan kulitatif dengan rumusan masalah/ tujuan penelitian ini. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: pertama, tahapan penerapan kepemimpinan partisipatif dilakukan dnegan melakukan pendekatan dengan berbagai persoalan memberdayakan guru dengan seabik-baiknya, menetukan kebijakan dengan dengan mempertimbangkan saran dan masukan dari guru, melakukan kerjasama dengan pihak guru, serta melibatkan guru dalam pengambilan keputusan. Kedua (motivasi kerja guru dilakukan dengan memperhatikan dimensi internal dan eksternal. Untuk motivasi internal dilakukan dengan pemberian tanggung jawab yang sesuai kemampuan, tugas yang diberikan memiliki tujuan yang jelas dan mennatang, memberikan umpan balik atas hasil pekerjaan guru, menciptakan rasa senang dalam bekerja, dan mendorong guru untuk berprestasi. Motivasi eksternal dilakukan dengan cara memberikan pujian dari apa yang dikerjakan guru, memberikan intensif kepada guru dan memberikan perhatian kepada guru. ketiga kendala yang dihadapi kepala sekolah memiliki dua faktor, yaitu intenal dan eksternal. Faktor internal meliputi pro dan kontra antar pendapat, lemahnya minat kerja, dan menurunnya kinerja dari setiap staf-staf lembaga.Faktor ekstern misalnya bencana alam dan juga keadaan masyarakat sekitar yang kurang mendukung.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 06 Jul 2022 08:13
Last Modified: 06 Jul 2022 08:13
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14289

Actions (login required)

View Item View Item