Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Match Mine dan Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Kaidah Pencacahan Kelas XI SMK PAB 1 Helvetia Tahun Ajaran 2020/2021

Sari, Mega Dwi Mayang (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Match Mine dan Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Kaidah Pencacahan Kelas XI SMK PAB 1 Helvetia Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
-SKRIPSI MEGA DWI MAYANG SARI-.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Model Pembelajaran Match Mine dan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kreatif matematis siswa pada materi kaidah pencacahan kelas XI SMK PAB 1 Helvetia tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI SMK PAB 1 Helvetia Tahun Pelajaran 2020/2021 yang terdiri dari 14 kelas yang berjumlah 395 siswa. Sampel yang digunakan peneliti dalam penelitian ini diperoleh dengan cara cluster random sampling dan yang dijadikan sampel pada penelitian ini berjumlah 56 siswa yang terdiri dari kelas XI TKR-1 dan XI TKR-2 yang masing-masing terdiri dari 28 siswa. Instrument tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis dan berpikir kreatif matematis siswa adalah dengan mengunakan tes berbentuk uraian. Analisis data dilakukan dengan analisis varians (ANAVA). Hasil temuan ini menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Match Mine dan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 33,125 > 4,020; 2) Terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Match Mine dan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 5,562 > 4,020; 3) Terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Match Mine dan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 31,262 > 3,929; 4) Terdapat interaksi antara model pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi kaidah pencacahan dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 13,017 > 3,929.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Match Mine, Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS), Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa, Kemampuan Berpikir Kreatif Mateamtis Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 05 Jul 2022 08:30
Last Modified: 05 Jul 2022 08:30
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14278

Actions (login required)

View Item View Item