Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android pada Materi Notasi Sigma di Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan

Zhafira, Dina (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android pada Materi Notasi Sigma di Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
DINA ZHAFIRA_PMM_2017_SKRIPSI.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran mobile learning berbasis android pada materi notasi sigma di kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan. Kualitas produk yang dikembangkan dinilai berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Prosedur pengembangan media pembelajaran mengacu pada model pengembangan 4-D, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 3 Medan berjumlah 15 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas media pembelajaran yang dikembangkan adalah lembar penilaian media oleh dosen ahli dan guru matematika untuk mengukur kevalidan, angket respon siswa dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh guru matematika untuk mengukur kepraktisan, tes pemahaman siswa dengan pretest, posttest, dan uji normalitas gain untuk mengukur keefektifan media. Kualitas kevalidan media pembelajaran memenuhi kriteria valid berdasarkan skor rata-rata lembar penilaian media yaitu 4,63 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria sangat baik. Kualitas kepraktisan media pembelajaran berdasarkan persentase rata-rata angket respon siswa yaitu 43,36% artinya hampir dari setengah siswa mengatakan bahwa media yang dikembangkan praktis digunakan. Kepraktisan media didukung oleh persentase keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan 93,33% pembelajaran terlaksana dengan sangat baik. Keefektifan media memenuhi kriteria efektif dengan tingkat sedang dengan adanya peningkatan skor rata-rata pretest yakni 30 ke nilai posttest yakni 52. Hal ini diperkuat dengan uji normalitas gain yang menunjukkan skor 0,31 yang menunjukkan adanya keefektifan media pada tingkat sedang.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Mobile Learning, Android
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 04 Jul 2022 08:33
Last Modified: 04 Jul 2022 08:33
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14257

Actions (login required)

View Item View Item