Pengaruh Pendidikan dan Latihan (Diklat) terhadap kinerja guru di SMP N 1 Sumbul Kecamatan Sumbul Kabupaten Dairi

Simbolon, Izzahtul Hasanah (2021) Pengaruh Pendidikan dan Latihan (Diklat) terhadap kinerja guru di SMP N 1 Sumbul Kecamatan Sumbul Kabupaten Dairi. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI FIX IZZAHTUL HASANAH SIMBOLON (0307162100) - CD perpus.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Diklat di SMP N 1 Sumbul, 2) Kinerja guru di SMP N 1 Sumbul, 3) Pengaruh diklat terhadap kinerja guru di SMP N 1 Sumbul. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 43 Orang. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu total sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, metode analisis data menggunakan analisis deskripsi, uji persyaratan analisis, dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa sebaran skor Diklat (X) sebanyak 13 orang (30,2 %) berada di bawah rata-rata kelas interval, 14 orang (32,6 %) berada pada rata-rata kelas interval dan sebanyak 16 orang (37,2 %) di atas rata-rata. Kondisi ini mengggambarkan bahwa diklat di SMP N 1 Sumbul berdasarkan data di atas berada pada di atas rata-rata kelas interval. Yang hal ini menunjukkan bahwa diklat yang dilakukan di SMP N 1 Sumbul menunjukkan adanya peningkatan terhadap kinerja guru.Sebaran skor Kinerja Guru (Y) sebanyak 29 orang (67,5%) berada di bawah rata-rata kelas interval, 11 orang (25,6 %) berada pada rata- rata kelas interval dan sebanyak 3 orang (7 %) di atas rata-rata. Berdasarkan data di atas, dapat dilihat bahwa secara umum kinerja guru berada di atas rata-rata.Terdapat pengaruh positif antara varibel diklat terhadap kinerja guru di SMP N 1 Sumbul dilihat persamaan garis regresi Y’ = 138.089+0,724X dengan konstanta sebesar 138.089 menyatakan bahwa jika tidak ada nilai diklat maka nilai kinerja guru 138.089. Sedangkan koefisien regresi X sebesar 0,724 menyakatan bahwa setiap penambahan 1 nilai kinerja guru, maka nilai diklat bertambah sebesar 0,724 atau 72,4 %. dan signifikansi dapat di lihat melalui uji t diperoleh thitung sebesar 3,317 sedangkan nilai ttabel dengan nilai N = 43, maka signifikansi 0,05 adalah sebesar 2,01954. Oleh karena thitung (3,317) > ttabel (2,01954) dengan tingkat signifikansi 0,003 < 0,005.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Diklat, Kinerja Guru
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 30 Jun 2022 04:28
Last Modified: 30 Jun 2022 04:28
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14233

Actions (login required)

View Item View Item